Wednesday, August 2, 2017

Cara Membuat Führungzeugnis



Apa itu Führungzeugnis?

Führungzeugnis kalau dalam bahasa Indonesia adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau disingkat SKCK. Di Indonesia, biasanya SKCK dipakai untuk melamar kerja dan sebagai bukti bahwa kita bebas dari tindak kriminal.

Di Jerman pun demikian, terlebih untuk seseorang yang ingin bekerja dengan anak-anak (di sebuah TK atau SD), dengan manula di panti jompo atau pun di yayasan penyandang cacat, Führungzeugnis adalah salah satu syarat lamaran terlampir.

Dulu saat jadi FSJ, aku pun sempat dipusingkan mengurusi dokumen ini itu, sehingga mungkin info tentang pengurusan SKCK alias Führungzeugnis ini akan membantu kalianyang ingin mengurusnya juga.

Bagaimana cara mengurusnya?

Führungzeugnis ngurusnya bukan di kepolisian kayak di Indo, tapi di Landratsamt, bezirksamt, pokoknya amt tempat kalian anmelden/abmelden wohnung atau ngurusin paspor, Di Hamburg, bayarnya 13 euro (kurang tau di Bundesland yang lain berapa).

Perlu dicatat, saat terakhir kali aku bikin Führungzeugnis, aku tak perlu membuat termin atau janji di Bezirkamt. Coba lihat keterangan di bawah ini:

Pengurusan dokumen seperti Führungzeugnis tak perlu bikin termin

Namun, 2 tahun yang lalu, aku tetap harus membuat termin untuk datang dan mengurus Führungzeugnis, jadi aturan ini bisa berubah-ubah setiap waktu.

Kalau kalian tinggal di Hamburg, silakan cek di sini

Kalau pun harus bikin janji, sebaiknya bikin jauh-jauh hari. Ada tips menarik buat bikin janji di Landratsamt, khususnya di Hamburg. Di Hamburg landratsamtnya suka penuh dan susah banget bikin janji. Janji yang didapet buat ngurusin anmelden wohnung biasanya 2 bulan setelah tanggal ngurus. Tapi kalau kita rajin ngecek websitenya kundenzentrum Hamburg tiap pukul 13.00-15.00, akan ada pendataan ulang yang dilakukan kundenzentrum, jadi kalau ada orang abmelden janjinya, akan ter-refresh tiap jam segitu, dengan kata lain, kalian bisa gantiin orang yang abmelden tersebut. Hal ini aku lakukan juga saat anmelden wohnung yang baru. Aku pindah bulan Juli, dapat janji bulan september. Juli tanggal tiga, pukul 14.00 an aku cek kundenzentrum Hamburg, nggak taunya ada orang yang ngebatalin janji buat hari esoknya, langsung aku daftar buat hari esoknya dan dapat. Hhe.

Memakan waktu berapa lama untuk mengurusnya?

Tak lama, sekitar kurang dari 10 menit, untuk bilang dan bayar. Yang lama tuh antrinya. Terlebih kalau kita udah datang siangan, dan sudah banyak orang yang antri di depan kita. Paling tidak 30 menit sampai satu jam kita harus menyediakan waktu untuk mengurus Führungzeugnis ini.

Langsung dapat Führungzeugnisnya?

Tidak. Setelah membayar, kita dikasih kuitansi dan bukti telah mendaftar pengurusan führungzeugnis. Kalau pihak pemberi kerja ingin segera dapat führungzeugnis dari kita, bukti daftar ini bisa kita berikan kepada mereka.
Bukti pendaftaran dan pembayaran führungzeugnis
Setelah sekitar satu sampai 3 minggu, kita baru dapat Führungzeugnis yang sesungguhnya. Führungzeugnis tersebut dikirim lewat pos ke alamat kita, jadi kita tak perlu repot-repot mengambilnya di amt.
Ini Führungzeugnis yang sesungguhnya, diterbitkan oleh Bundesamt für Justiz (kantor pengadilan pusat)


INFO dan TIPS:

* Di masing-masing negara bagian, akan berbeda peraturannya, jadi sebaiknya cek di portal resmi negara bagian kamu untuk mengetahui apakah perlu membuat janji, di mana dan kapan jam buka amt setempat!
* Siapkan dokumen yang diperlukan: Paspor dan Visa
* Siapkan Pembayaran (13 Euro). Pembayaran führungzeugnis dilakukan lewat mesin. Jadi tak langsung di kasir. Kebanyakan mesin tersebut hanya menerima kartu (ada juga yang menerima cash).
* Saat daftar führungzeugnis terakhir, aku ditanya jenis apa yang ingin aku urus. Aku bilang aku kerja dengan orang cacat, lalu diberi jenis yang normal. Kalau kita bekerja dengan anak-anak, kita akan dapat surat pengantar dari pihak instansi yang wajib ditunjukkan kepada amt. Kalau tidak punya surat itu, atau pihak instansi meminta führungzeugnis yang normal, bilang saja: normale führungzeugnis! Agar gak ribet.

Sebenarnya ngurus SKCK atau Führungzeugnis di Jerman bisa dibilang mudah dan nggak ribet kok. Semoga info ini membantu kalian yang ingin mengurusnya, ya :)





Location: Hamburg, Germany

2 comments:

  1. Nih yg lagi cari2 infona lengkap sekali. Bahasana tuh loh bikin puyeng kepalaku Mbak hihihi, susah ya bhs jerman tuh

    ReplyDelete
  2. Aku rag mudeng mbak, akeh boso jermane, wkwkwkwk

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers