Sunday, July 2, 2017

Elbphilharmonie Hamburg: Yang Megah Yang Kontroversial


Kalau menyebut nama kota Sydney, apa yang terbesit dalam bayangan kalian? Pasti salah satunya Opera House Sydney yang megah dan indah itu. Di Hamburg, Gedung opera musik yang megah juga ada, namanya Elbphilharmonie. Elbphilharmonie atau yang juga dikenal dengan nama Elphi adalah sebuah gedung artistik mewah nan elit yang terdiri dari berbagai aula-aula konser pertunjukan musik, orkestra, restoran dan hotel bintang lima di Hamburg. Elphi tak hanya unggul dalam design gedung dan kemegahannya, namun juga sarat akan isu kontroversial dibaliknya yang menyebabkan pembangunan gedung ini dari 3 tahun (yang direncanakan) molor hingga hampir 10 tahun lamanya.

Image Credit: Thorsten Ahlf bei Hamburger Abendblatt.

Kalau jalan-jalan ke Kota Hamburg, rugi banget kalau nggak berkunjung ke ikon kota yang satu ini. Letaknya di semenanjung sungai Elbe. Lihat saja dari namanya, masih ada Elbphilharmonie-nya.

Pertama kali ke Hamburg dulu, aku sudah melihat gedung yang bentuknya lebih mirip baju compang camping itu bersama Max. Saat itu, pembangunan Elphi belum selesai. Aku bukanlah penilai dan penikmat karya seni, bahkan tak bisa sama sekali melihat keindahan dari gedung yang katanya orang-orang sangat indah tersebut.

Image credit: Ⓒ Hamburg.de. Ini saat acara pembukaan tahun 2016 silam.

Max rupanya juga tak begitu setuju dengan pembangunan Elphi itu. Tak hanya dia, banyak warga Hamburg yang sebenarnya tak setuju ada pembangunan gedung yang dinilai kurang berfungsi untuk rakyat banyak itu. Estimasi pembangunan gedung pada tahun 2005 hanya sekitar 77 euro (sumber NDR.de) lalu membengkak menjadi 200 juta euro di tahun 2007 (sumber: wikpedia), membengkak lagi hingga 450 juta euro. Pembangunan itu sempat dihentikan dan vacuum dari tahun 2008 hingga tahun 2012 karena di tahun 2010, estimasi mencapai 500 juta euro. Banyak orang protest akan dana pemerintah yang terkesan dihambur-hamburkan oleh pembangunan gedung konser yang dinilai nggak begitu penting ini. Mereka yang protes lebih setuju dana tersebut dialokasikan ke pendidikan atau infrastruktur, mereka toh bayar pajak begitu besar, kalau dihambur-hamburkan oleh pemerintah seperti itu, wajar banget mereka protes. Pembangunan Elphi yang sempat mandeg itu akhirnya kembali dilanjutkan di tahun 2012 dan selesai pada tahun 2017 dengan menghabiskan dana sebesar 789 juta euro. (Sumber: Hamburg.de, Wikipedia.org, NDR.de)

Kaispeicher sebelum Elphi dibangun. Sumber: Wikipedia
Elphi yang selesai dibangun tahun 2016. Sumber: wikipedia
Bagaimana menurut kalian bangunan tersebut? Indah? Menarik? Artistik? Mewah? Mirip sungut siput yang keluar dari cangkangnya? Atau mirip baju compang camping? 😂

Untuk mengunjungi Elphi dan sekedar melihat-lihat Plaza dan makan minum di restorannya, kita hanya perlu antri mengambil tiket di pintu masuk (GRATIS), kalau kita nggak mau antri, bisa beli tiket online bayar 2 euro. Tapi untuk membeli tiket nonton konser musik yang diselenggarakan di Elphi, kalian harus membelinya jauh-jauh hari (kalau ada promo, biasanya dapat murah, tapi tempat duduknya pojok :). Untuk melihat jenis konser music yang diselenggarakan serta harga tiket sekalian bookingnya, kalian bisa kunjungi website elphilharmonie.

Gedung konser musik di dalam Elbphilharmonie. Image credit: Ⓒ elbphilharmonie.de.


Untuk ke sana? 
Paling mudah, kalau kalian ada di stasiun utama (hbf), tinggal naik U3 jurusan Schlump/Barmbek, lalu turun di Baumwall. Dari sana, pasti udah terlihat Elphinya, turun, dan telusuri jalan sekitar 400 meter ke arah mendekati gedung.

Ada 10 fakta unik tentang Elbphilharmonie yang harus kalian baca, termasuk kaitannya dengan sebuah alat musik tradisional Indonesia, loh!.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Elbphilharmonie Hamburg

Jangan lupa like facebook fanpage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (Banyak terima kasih)

Liebe Grüße

5 comments:

  1. wah makin gencar updatnya ya neng..? kasih tahu dong apa motifasinya..?

    saya sangat tertarik dengan Elphi yang menurut mbak admin Mirip sungut siput yang keluar dari cangkangnya? Atau mirip baju compang camping...kok bisa begitu ya...

    ReplyDelete
  2. Gedung konser musiknya juga memukau yang di dalam Elbphilharmonie itu neng, nampak elegan nan futuristik

    ReplyDelete
  3. Kalau aku mikirnya kayak kastil vampir yang di Hotel Transylvania wkwkw xDDD banyak jendela-jendelanya juga gitu.

    Bagus sih kak, soalnya unuk gak kaya bentuk bangunan pada umumnya. Lagi tempatnya di pinggir sungai begitu. Kan epic banget xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru kepikiran kalau mrip kastil vampir,,,waduuh ngeri donk

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers