Sunday, July 2, 2017

Agenda Diskusi G20 tahun 2017 di Hamburg


Setelah membahas tentang Indonesia yang diundang dalam forum akbar yang melibatkan 19 negara dengan pengaruh ekonomi terpenting di dunia dan Hamburg sebagai tuan rumah di tahun 2017 ini, kali ini mari kita bahas agenda yang akan didiskusikan dan dipecahkan di forum tersebut.

Baca juga:  Indonesia diundang dalam konferensi Akbar G20 di Hamburg, Jerman?

1. Ekonomi
Tentu saja isu yang paling penting adalah tentang perekonomian dunia. Misalnya tentang kebijakan Presiden Amerika Donald Trump tentang proteksi akan produk-produk buatan luar yang akan masuk ke pasar Amerika, seberapa protektif dan seberapa jauh sang presiden akan melakukannya, ini menjadi agenda tersendiri.
Selain itu, pasar bebas internasional dan harga murah yang ditawarkan pemasar produk dari China, lalu perihal pajak yang dibayarkan oleh mereka dan kontribusinya terhadap perkembangan perekonomian dunia, dan lain sebagainya.

2. Iklim Dunia
Pemanasan global, penanggulangan bencana alam serta iklim yang semakin hari semakin ekstrim, juga menjadi agenda pembicaraan. Keberlangsungan hutan hujan tropis di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan juga menjadi topik penting, berikut hal-hal yang menyertainya, seperti keberlangsungan hewan-hewan liar yang hampir punah, asap dari pembakaran hutan dan pengaruhnya terhadap lapisan ozon, serta banyak lagi. Oleh karena itu, negara-negara perwakilan seperti dari Indonesia yang memiliki hutan lindung dan hutan hujan tropis menjadi penting di sini.

3. Afrika
Dari 795 juta kasus kelaparan dan busung lapar yang menimpa penduduk dunia, 232,5 juta diantaranya adalah penduduk Afrika. Isu-isu kekeringan, kekurangan sandang pangan yang terkait dengan perang dan terorism juga akan dibahas dan dipecahkan di sini. Karenanya, duta Afrika Selatan juga datang mewakili Afrika di konferensi akbar G20 ini.

4. Emansipasi Wanita dan HAM
Dunia, terutama negara dengan ekonomi maju seperti di Eropa merasa amat sangat penting menjunjung harkat martabat dan emansipasi wanita. Wanita di Afrika dan India misalnya, yang mendapat upah lebih rendah dari kaum pria, padahal sama-sama kerja di sektor tertentu, perlu diperjuangkan haknya. Demikian pula, diskriminasi wanita karena budaya, agama, dan tradisi yang terjadi di Arab dan Afrika, juga Indonesia dan India.

5. Kesehatan
Kesehatan juga menjadi tema dalam forum G20 ini, meskipun sebenarnya, tema kesehatan adalah salah satu tema baru yang didiskusikan selama bertahun-tahun ini. Kasus-kasus seperti HIV dan virus Ebola yang menyerang banyak negara, juga jaminan kesehatan yang kurang memadai (contohnya seperti asuransi kesehatan di Indonesia, dan di negara-negara berkembang lainnya).

6. Digitalisasi
Wacana tentang internet untuk semua umat menjelang 2025, juga tingkat keamanan global, serta penggunaan dunia maya juga jadi salah satu tema tambahan yang didiskusikan di forum G20.

Semua berharap bahwa keberadaan organisasi akbar tahunan ini membawa dampak baik dan perubahan bagi dunia, terutama Indonesia. Kita lihat saja.

Sumber: Hamburger Abendblatt
Location: Hamburg, Germany

2 comments:

  1. Aku tertarik ttg yg membahas dunia digital karena akhir akhir ini banyak sekali virus kompuyer yg tersebar. ada indikasi karena disengaja akibat perbuatan org2 tertentu. aku berharap perundingan ini bisa jadi bahan diskusi yg benar2 menghasilkan hasil nyata.

    selamat juga buat inonesia,

    eh, kalo berkenen blogku difollow ya. vielen dank.

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers