Thursday, June 8, 2017

Ke Hamburg? Ke Planten un Blomen Yuk!

Saat jalan-jalan ke Hamburg, rugi banget kalau tak menyempatkan diri ke Planten un Blomen. Apalagi kalau cuaca sedang cerah (info: di Hamburg, cuaca cerah itu bisa dihitung jari dalam setahun 😀).

image credit: si manusia datar (heartwork)

Dulunya aku mengira kata-kata Planten un Blomen ini berasal dari Bahasa Belanda, nggak taunya pengambilan nama dari taman ini berasal dari Plattdeutsch (baca: plattdoitch), yakni logat Jerman Utara yang dulunya dipakai oleh orang Hamburg dan sekitarnya, berasal dari kawasan pelabuhan Finkenwerder. Planten un Blomen kalau di bahasa Jerman kan, akan menjadi Pflanzen und Blumen, yang artinya tumbuh-tumbuhan dan bunga.



Luas taman yang asri ini adalah 47 hektar, yang tak melulu diisi tanaman serta bunga, melainkan berbagai tempat menarik untuk bisa dikunjungi GRATIS. Apa saja itu?

1. Rumah Kaca untuk Tumbuhan Tropis (TropengewÀchshÀuser)
Segala macam tumbuhan yang hidup di negara tropis, mulai dari kaktus sampai pisang bisa kita temukan di rumah kaca ini. Saat musim dingin, kita bisa masuk ke rumah kaca ini dan langsung berasa seperti di Indonesia, hangatnya :D. Untuk mengunjungi rumah kaca ini, kita tinggal ikuti saja petunjuk arah yang ada di mana-mana.

Jam buka:
Maret-Oktober:
Senin-Jumat: 09.00-16.45
Sabtu Minggu dan Hari Libur: 10.00-17.45

November-Februari:
Senin-Jumat: 09.00-15.45
Sabtu Minggu dan Hari Libur:10.00-15.45

2. Taman Jepang Lengkap Dengan Rumah Teh nya
Rumah mini yang dibangun di tengah-tengah danau kecil di taman yang didesain mirip taman di Jepang ini dirancang oleh Arsitek Jepang, Yoshikuni Araki pada tahun 1988 dan merupakan karya terbesarnya di Eropa. Kabarnya, taman Jepang di Planten un Blomen ini juga merupakan replika taman Jepang terluas di Eropa.
Uniknya, di musim panas, sekitar bulan Mei sampai September, di rumah teh ini diadakan pameran minum teh ala Jepang yang bisa diikuti oleh para pengunjung.

di depan rumah teh

3. Taman Apotik Sehat
Di taman ini, kita bisa menjumpai tumbuhan-tumbuhan yang digunakan untuk bidang medis. Untuk masuk ke taman ini, sayangnya kita harus buat janji dulu untuk diantarkan bersama pengunjung lain, sehingga tidak bisa spontan masuk ke sana.

Untuk bikin janji masuk, kita bisa telepon atau kirim email dengan klik di sini

4. Taman Romantis, Taman Bunga Mawar
Sekitar 5000 meter persegi dari luas taman ini, digunakan untuk mempresentasikan kecantikan bunga mawar. Sekitar 300 jenis bunga mawar di tanam dan dihadirkan di taman ini. Uniknya, saat musim panas, biasanya akan ada musik klasik yang diputar untuk menambah nuansa romatis di taman mawar ini.



5. Konser Air Menari
Farbige Wasserlichtkonzerte atau konser air mancur menari warna warni ini juga bisa kita jumpai sepanjang musim panas setelah matahari tenggelam. Yakni mulai tanggal 1 Mei- 31 Agustus, setiap malam pukul 22.00, lalu mulai tanggall 1 September- 30 September pada pukul 21.00. Kalau nggak malam, airnya nggak kelihatan warna warni. :)


Untuk melihat jenis musik yang mengiringi konser air mancur ini, bisa kalian cek di sini

6. Sarana Ice Skating
Di musim dingin, kita juga bisa bermain ice skating di sini. Untuk masuk dan menyewa sepatu, kita dikenakan biaya sekitar 9 euro per orang. Tapi musim panas, ice skating ini ditutup sementara.



7. GedenkstÀtte (monumen kenangan)
Selain keindahan taman, uniknya taman ini, kita bisa melihat monumen-monumen untuk memperingati kekejaman Nazi membunuh kaum Yahudi. Setidaknya sekitar 1.138 orang dibantai di taman ini saat itu.  Monumen ini dibangun untuk mengenang arwah kaum Yahudi dan sebagai peringatan bagi yang hidup, agar kekejaman itu tidak lagi terulang di masa yang akan datang.


8. Taman Bermain
Taman bermain yang luas untuk anak-anak juga tersedia di taman ini. Kalau jalan-jalan ke sana bersama sang buah hati, jangan ragu untuk masuk, karena selain gratis, anak-anak dijamin puas bermain di arena bermain yang dirancang seperti di jaman purba ini.


Selain ke delapan tempat khusus di atas, pastinya kita bisa memanfaatkan taman dan kursi-kursi serta rerumputan yang membentang di seluruh penjuru taman secara gratis. Bisa piknik, membaca buku, atau pun tidur-tiduran santai di sini. Jangan lupa untuk memungut sampah dan membuang pada tempat-tempat yang disediakan ya. :)

baca buku sambil mendengarkan gemericik air dan kicau burung di sini pasti enak banget. Kadang aku sampai tertidur di bangku ini :D

Semoga informasi ini memberi pengetahuan bagi kalian yang mungkin berencana berlibur ke Hamburg.

Jangan lupa like facebook fanpage Denkspa untuk mengetahui info harian seputar Jerman, terutama Hamburg (tempat aku tinggal sekarang). Klik di sini untuk like facebook fanpage Denkspa. Vielen Dank (Banyak terima kasih)

Liebe GrĂŒĂŸe
Location: Hamburg, Germany

7 comments:

  1. Huweeee T_T

    Mau banget ada taman yang kayak gitu di Indonesia. Aku sih selama ini hidup di sini (?) ngerasain taman yang nyaman ya di Batu (tahu kan kak xD). Di Batu tuh ada bianglala, banyak pedagang makanan ehehe, air mancur di tengah, tempat nongkrong, sama tempat main anak. Sayang banget tempatnya kecil, jadi ga ada taman luas gitu.

    Apa yah~ kalo di Indonesia mau nikmatin taman yang bagus durasinya bentar doang beberapa bulan. Abis itu numpuk sampah, kalo gak gitu infrastrukturnya mulai cuil atu-atu :/

    Semoga....semoga.....orang Indonesia punya kesadaran untuk bahu membahu menjaga kebersihan dan keindahan taman kota :)

    Btw itu desainr umah kacanya kecee abiss!!

    ReplyDelete
  2. Taman Romantis, Taman Bunga Mawar, ya taman yg romantis ini akan membuat suasana hati kita sedikit lebih frees, perasaan akan berganti sesuatu yg indah indah saat berada di sebuah taman apa lagi bisa bertemu dengan neng admin...oppsss menghafal...

    Taman yg indah dengan aneka bunga bisa menghilangkan suara halau menjadi rileks gitu mbak admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman Romantis, Taman Bunga Mawar, ya taman yg romantis ini akan membuat suasana hati kita sedikit lebih frees, perasaan akan berganti sesuatu yg indah indah saat berada di sebuah taman apa lagi bisa bertemu dengan neng admin...oppsss menghayal...

      Taman yg indah dengan aneka bunga bisa menghilangkan suasana hati yg galau menjadi rileks gitu ya.... mbak admin

      Beberapa hari ini saya sengaja tidak blogwalking neng karna ada target posting, tetapi kalau neng indra yg masuk ke kolom komentar ke blog, saya nggak tega nyuekin, sy sebisa mungkin untuk membalas datang ke blog neng indra... Makasih maafin saya ya mbak Indra

      Delete
  3. Maya ingin mengajak gadis kecil Maya ke taman bermain tuh, kelihatannya dia bakal senang disana
    kapan ya bisa kesana hehe, sementara bermimpi dulu deh

    ReplyDelete
  4. Ya Allah, pemandangannya adem banget keliatannya ya, Teh.
    Apalagi itu di taman jepang dan rumah tehnya. Rasanya nyaman, adem. Serasa buat nuangin ide nulis itu mengalir. Meskipun cuma bisa lihat fotonya aja tapi ngerasain gitu. Apalagi bisa kesana ya. Pasti seneng sekali :)

    Di taman romantis mah cocoknya bawa pasangan. Pasangan halal. Beuh, lebih mantap dah..hehe

    Serasa bisa merasakan fresh bener. Tempat yang terakhir itu asik banget buat nyantai sembari minum kopi. Dapet ide nulis pasti nantinya :)

    ReplyDelete
  5. Lihat ice skatingnya, aku jadi inge bacaanku saat kecil. Cergam Nina Mbak

    ReplyDelete
  6. Uwaw!!! Bagus banget semuanya! Eh Kak,tempat2 serem di Jerman atau di Hamburg gitu, ada nggak yang menarik untuk dibahas?

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers