Saturday, June 10, 2017

7 Spot Unik di Reeperbahn

Mengunjungi Hamburg, tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Reeperbahn. Berbeda dari postingan sebelumnya yang berisi tentang kemaksiatan di jalanan ini, di postingan kali ini, aku akan memberi sedikit tips supaya berkunjung ke Reeperbahn lebih asik.

Baca: Mil-Mil Penuh Dosa 'Reeperbahn'

Tentu saja, tipsnya bukan untuk mengunjungi prostitusi ya, tapi tempat-tempat yang menurutku unik dan menarik untuk dilihat, sarat akan sejarah dan keanehannya. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Beatles-Platz

Siapa sih yang tak kenal grup legendaris asal Liverpool 'The Beatles'? Sebelum begitu terkenal dan mendunia, siapa yang menyangka, grup band legendaris ini dulunya menyanyi di cafe-cafe dan club di Reeperbahn. The Star Club, Kaiserkeller, Top Ten dan Indra tercatat sebagai Club yang pernah memperkerjakan The Beatles.
Apalagi sang gitaris John Lennon bernah berujar, "Aku memang lahir di Liverpool, tapi aku besar di Hamburg", menjadikan grup band ini sangat digemari juga di Jerman.
Beatles-Platz ada di ujung timur jalan Reeperbahn, tepatnya di Große Freiheit yang ditandai dengan patung lempengan besi yang menyerupai personil-personil the Beatles.


2. Große Freiheit
Letaknya juga di sekitaran Beatles Platz. Große Freiheit artinya Big Freedom atau Kebebasan yang sebebas-bebasnya, yakni sebuah gang sepanjang kurang lebih 150 meter yang berisi bar, club, discotik. Di gang ini juga dulu The Beatles manggung (di Star Club). Uniknya, di ujung jalan ini, ada sebuah gereja, yang bersebelahan dengan club penari telanjang pria (Male Stripper Club). Pernah satu kali membawa teman ke gang ini dan melihat-lihat betapa banyak tempat prostitusi dan toko sex, nggak taunya pas mau balik, kita dipertemukan segerombolan orang yang baru saja melangsungkan misa pernikahan di gereja ini. Kenapa juga mereka melangsungkan pernikahan di gereja dekat Reeperbahn. Kenapa juga aku kepo? :D



3. Club MOJO
Sebenarnya, aku kurang suka mengunjungi club-club atau disco. Club Mojo ini pun aku juga tidak pernah masuk ke dalam. Hanya saja, Club yang satu ini sangat unik. Club Mojo dibuka pada April 2003. Saat siang hari, club ini terlihat datar seperti trotoar biasa. Seperti di gambar ini:

Ini pintu tangga masuk Mojo Club di siang hari
Begitu malam tiba, club ini dibuka dan memuat sekitar 800 tamu di bawah tanah. Saat trotoar dengan lambang M itu dibuka, akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Kita bisa masuk ke bawah tangga, menari, berdansa dan bersenang-senang. Bahkan disediakan 17 toilet unisex (cewek cowok) dengan pengeras suara untuk dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin ber 'ah ah' ria memuaskan hasrat dengan pengunjung lain. Aduh...

Ini pintu tangga masuk Mojo yang sudah dibuka
Mojo cafe ini, terletak sekitar 50 meter di sebrang jalan (selatan) dari St. Pauli.

3. PANOPTIKUM

Ulasan seputar Museum lilin orang-orang terkenal di Hamburg dan di Jerman ini, bisa kalian baca di:
Hamburg Panoptikum: Mengenal orang Terkenal di Jerman Lewat Panoptikum

Letaknya hanya 10 meter dari Mojo Cafe.

4. Herbertsraße
Herbertstraße adalah nama sebuah gang yang bisa dikatakan gang pelacuran konservativ. 😀 Pasalnya, tak seperti di tempat lain di Reeperbahn, yang juga boleh dikunjungi wanita, di gang ini, wanita dilarang masuk. Pengunjung pria di bawah umur 18 tahun juga tak boleh masuk. Ada apa sebenarnya?
Aku yang selalu penasaran, pernah menyuruh temanku (laki-laki) untuk masuk dan melihat ada apa sebenarnya di dalam gang ini. Kata temanku yang orang Indonesia itu, "Wuduh busyet, melambaikan tangan dah, kagak kuat!". Katanya, wanita-wanita telanjang di balik jendela yang siap untuk di'hajar' menyembul nyembulkan kemaluannya, payudaranya kepada pengunjung yang lewat demi mendapatkan pelanggan.
Kalau ada wanita ketahuan masuk, mereka akan disiram air, diludahi, dan dicaci maki sampai keluar kembali.

5. DAVIDWACHE
Davidwache adalah sebuah kantor polisi yang megah di jalanan menuju Herbertstraße. Kantor polisi ini menjadi pusat perhatian karena keberadaannya yang unik dan mencuat di tengah-tengah jalanan prostitusi. Keberadaan kator polisi ini memang penting karena berbagai macam tindak kriminal sering terjadi di Reeperbahn. Davidwache kalau diartikan juga lucu, jadi 'David yang Bangun'. Tapi, pengambilan nama ini, sebenarnya karena kantor polisi ini terletak di Davidstraße (Jalan David).


6. Operettenhaus, Bar dan Club
Konser musik atau Opera House juga menjadi icon unik dan menarik di Reeperbahn. Kalau kalian suka dugem. Ketemu Reeperbahn adalah surga. Di sini, kalian bisa masuk ke tempat dugem mana pun, dengan jenis musik apapun (dari Techno, electro, Schlager). Sayangnya dangdut nggak ada :(.

7. Sex Shop dan Souvenir Shop
Di sepanjang jalanan Reeperbahn, dipenuhi dengan pernak pernik toko yang menjual peralatan Sex. Terus terang, sekali pun aku belum pernah masuk ke salah satu toko ini. Meskipun untuk melihat-lihat saja, aku tak mau (ada toko yang mengharuskan kita membayar 1 euro untuk masuk). Kalau kalian tertarik, boleh saja masuk.
Selain Sex Shop, souvenir shop juga tak ketinggalan. Beberapa toko souvenir menawarkan pernak pernik ala Hamburg dan FC St. Pauli, mulai dari kartu pos sampai tas ada di sana. Harganya juga lebih terjangkau ketimbang membeli di stasiun.

gambar ini sebenarnya bukan sex shop, entah apa yang ada di dalamnya, mungkin pelacuran, atau live show sex

Nah, bagaimana? tertarik mengunjungi Reeperbahn?

Liebe Grüße
Location: Hamburg, Jerman

3 comments:

  1. wah untuk sekedar melihat-lihat pun harus bayar ya di Sex Shop dan Souvenir Shop oh mungkin itu untuk menyesiasati, agar yang memang benar2 membutuhkanlaj yang masuk, jadi kalau sekedar lihat-lihat emang nggk penting untuk masuk, mungkin loh hehe

    ReplyDelete
  2. Kak ganti tema yah ._.

    Huweeeeeee nakutin tapi kenapa tetap artistik yah xD wkwkwkkw

    Aku tertarik sama Mojo itu. Keren banget! Dia kayak kamuflase gitu xD
    sebenernya aku pingin loh masuk club gitu. Suka penasaran apa yang sebenarnya mereka lakukan. Ya meskipun udah tahu gambarannya dari beberapa cerita fiksi gitudeh xD

    Tapi ngga deh, alam lebih asyik xD

    ReplyDelete
  3. jerman, negeri yang menggoda untuk di jelajahi ni. ehh mau keliling eropa dah. tapi kayaknya bakal lama muter muter di jerman

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers