Tuesday, April 4, 2017

ZPM: Salah satu alternatif mencari nebenjob di Hamburg




Datang ke Jerman dengan visa student? Kalian bisa nyambi kerja di Jerman buat nambah-nambah uang saku. Setahuku, student koleg juga boleh bekerja setelah tahun pertama.

Saat ini aku bekerja sebagai Aushilfe di Jerman,  di salah satu yayasan penyandang cacat di Hamburg, aku mendapatkan kesempatan bekerja karena kebetulan aku sudah berpengalaman bekerja sebagai FSJ selama satu tahun setengah di sana. Jadi, aku direkrut kembali.

Selain bekerja di sana, aku juga nyambi kerja sebagai babysitter di 2 keluarga Jerman, lalu mulai bulan depan, kerja di H&M lager juga. Wah, banyak banget kerjanya. Iya, sebenarnya aku mau kerja di salah satu instansi saja biar masih punya banyak waktu belajar dan nulis blog. Tapi, aku yang selalu penasaran ini pengen nyoba ini dan itu, jadi yaaahh kita lihat saja nanti apakah aku kuat bekerja sambil kuliah seperti itu.

Sebagai student, kita dapat ijin kerja resmi dari pemerintah sebanyak 240 setengah hari kerja, yang artinya 120 hari fulltime kerja, atau kalau dikalkulasi, 6 bulan fulltime kerja, atau sekitar 20 jam perminggu. Selebihnya, kita tidak diperbolehkan kerja, karena visa kita visa pelajar bukan pekerja.

Nah, bagaimana caranya mencari neben job atau kerja sampingan di Jerman ini?

Salah satunya adalah dengan mendatangi agen penyalur tenaga kerja. Agen penyalur tenaga kerja ini macamnya banyak sekali, kalian bisa ketik di google dengan kata kunci: Zeitarbeit atau personal management dan nama kota tempat kalian tinggal. Di sana akan muncul puluhan bahkan ratusan penyalur tenaga kerja. Atau bisa juga bertanya ke kawan PPI yang tinggal di kota yang sama.

Agen penyalur tenaga kerja ke H&M lager di mana aku dan teman-teman bekerja ini adalah ZPM adalah Zeitarbeit Personal Management. Yakni semacam outsourcing penyalur tenaga kerja. Aku juga dapat info dari teman sekelas yang sudah lama kerja di sana. Agen Jerman yang bekerja di ZPM ini sangat welcome dan membantu para pelajar untuk mencari lapangan pekerjaan yang sesuai. Bahkan kata salah satu tema, mereka mau meminjami uang untuk bayar uang semester juga. :) Banyak dari teman-teman di Hamburg yang mendapat kerja sambilan dari instansi ini. Minimal kalian harus punya waktu 3 hari kerja dalam seminggu, kalau pas sibuk belajar atau ujian, bisa ijin untuk tidak bekerja.

Gaji yang kalian terima sayangnya adalah gaji paling minim, yakni dari UMR Jerman sebesar 8,5 euro/jam kalian akan mendapat 9 euro/jam. Kalau pihak H&M memberi gaji 10/jam, ZPM mengambil satu euro dan memberikan kepada kita 9 euro. Tapi dengan gaji segitu, lumayan sekali loh, kerja 3 hari per minggu, kalian bisa dapat sekitar 700 euro per bulan (10 juta an) dan cukup lah buat bantu-bantu emak di kampung. :) atau jajan di Jerman.

Untuk ke sana, jangan lupa membawa:
- Paspor dan Zusatzblatt yang berisi ijin kerja sebagai mahasiswa
- Kartu Asuransi Kesehatan
- Kartu Bank yang berisi data-data IBAN&BIC untuk menransfer gaji kita
- Semesterbescheinigung yang kita dapat setelah membayar uang semester di Universitas
- Sozialversicherungsnummer (yakni nomor jaminan pensiunan kita di hari tua). Kita bisa memintanya kepada asuransi kesehatan. Kalau aku dulu, diberi oleh yayasan penyandang cacat saat bekerja sebagai FSJ di sana. Kalian bisa bertanya kepada pihak ZPM apakah mereka mau mengurusi Sozialversicherungsnummer-nya juga.
- Steuer ID nummer (nomor NPWP), bisa kita dapatkan dengan mengunjungi Finanzamt dan membawa paspor.

Kita tak harus menulis surat lamaran, daftar riwayat hidup, foto dan segala macamnya. Di sana, kita hanya diberi formulir selembar untuk diisi dan ditandatangani, lalu setelah semua dokumen dan formulir selesai di proses, mereka akan memberi tahu kita pekerjaan yang bisa kita lakukan, kapan kita bisa memilih untuk bekerja, dsb. Simpel bukan?

Kalau kalian tinggal di Hamburg: kantor ZPM terletak di:
Oberaltenalle 76
22081 Hamburg
Telp: 0402098660

Stasiun kereta bawah tanah terdekat: Hamburger Straße

Yang baru datang di Hamburg dan ingin mencoba peruntungan bekerja sambilan, silakan datang langsung ke ZPM.

Semoga info ini berguna ya...

Viele Grüße
Location: Hamburg, Germany

8 comments:

  1. temen2 yang magister di Jerman juga nyambi2 gitu
    katanya lumayan
    btw gak capek mbak kerja banyak gitu, cuma kalo enjoy ya gimana lagi
    aduh jadi pingin tapi apa daya aku gak iso boso jerman haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada kesempatan belajar bahasa Jerman kok :)

      Delete
  2. Kerja sambian saja bisa sekitar itu ??? wah-wah hebat, sedangkan disini, yang benar-benar murni kerja saja sebulan hanya dapat tig jutaan.
    Itulah hebatnya jiwa perantau, sekolah dan kerja bisa dilakukan bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena merantau di negeri orang itu setengah mati perjuangannya :D

      Delete
  3. Waahh produktif bangett mbaak. Selagii mudaa cari pengalaman sebanyak"nya. Hehehe semogaa lancar yaak kerja dan studinyaa. .kecee bingitss management waktunya mbak. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Mbak, salut deh dengan kerja keras dan keingin tahuan yg membabat semua ketakutan. Kalo itu nggak hana b isa bantu emak, tapi juga bisa bikin istana hehehe. Moga lancar ya Mbak, tabungan menggemuk dan selalu kasih inspirasi lewat blognya *Aku pingin anakku ke Jermn hehehe :D amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya pasti bisa ke Jerman mbak...semakin hari akses ke Jerman bakal makin mudah kok mbak :)

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers