Wednesday, April 5, 2017

Cara mendapatkan nebenjob dari Ebaykleinanzeigen

Awalnya sih skeptis juga mencari kerja sambilan lewat ebaykleinanzeigen. Ebaykleinanzeigen di Jerman ini adalah semacam iklan baris yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli, seperti Toko Bagus, di mana untuk transaksi, kebanyakan orang harus bertemu langsung.

Tak hanya barang-barang diperjual belikan, ribuan barang juga banyak yang dihibahkan:

tuh kan, ada dipan, sofa, bahkan tanah pun dihibahkan :D ada ada saja ya. Tak hanya itu, kadang ada yang menghibahkan lemari, microvave, TV, dsb. Di Jerman, orang-orang banyak yang ingin membuang barang-barangnya karena mereka bosan, atau ingin pindah ke luar kota atau luar negeri. Kalau dibuang di muka umum, mereka bisa kena denda, jadi salah satu alternatifnya ya memposting barang mereka agar yang membutuhkan datang sendiri menjemput barang-barang itu.
Selain barang-barang, ada juga tawaran pekerjaan, di kolom baris iklan: Jobs. Nah, di situ kita bisa mencari, memposting, dan melamar pekerjaan. Semuanya dilakukan secara gratis.

Aku sudah mencoba beberapa kali aplikasi ini, jadi di sini aku hanya ingin memberi tips kepada kawan-kawan yang ingin mencari pekerjaan sambilan lewat situs ini:

1. Jangan memposting di kolom: Jobs
Loh kok? Iya, menurut pengalamanku, banyak orang yang sliwar sliwer di kolom jobs tersebut yang memanfaatkan kebutuhan kita dalam mencari kerja sambilan untuk menipu. Contohnya, kita ingin nyari job sebagai babysitter, malah di sms sama tukang cabul, disuruh jadi foto model sabun. Kan ngaco!
POSTING DI KOLOM YANG LEBIH SPESIFIK!!!!!
Kalau kalian ingin mencari penghasilan tambahan dengan menjadi perawat anak (babysitter), postinglah di kolom: Familie, Kind, und Baby

Kalau kalian ingin membantu menata taman, atau bersih-bersih, posting di kolom Haus&Garten.

2. Pasang foto?
Kalau ingin disms sama keluarga yang benar-benar membutuhkan seseorang untuk menjaga anak mereka, pasanglah foto dengan anak-anak.

Kalau ingin membantu merawat hewan peliharaan, ya pasang foto dengan hewan...

Kalau ingin bantu bersih-bersih dan setrika, pasang foto nyetrika gih :D

Begitu pun dengan bidang pekerjaan yang lain...

3. Description
Ini juga penting, usahakan kalian menulis satu sampai dua paragraf dalam bahasa Jerman sebisa kalian, yang menyatakan bahwa kalian punya pengalaman bekerja, cepat belajar, zuverlässig (bisa diandalkan), dan flexible. Juga tulis latar belakang kalian, seperti dari mana kalian berasal, bahwa kalian sekarang sedang menempuh pendidikan S1 di Jerman di jurusan bla bla bla, dsb....

4. Terus mencoba
Dulu awalnya aku sempat putus asa memposting di app ini karena nggak dapat pekerjaan yang aku inginkan, di betreut.de juga susah sekali karena di sana aku harus bersaing dengan ratusan pencari kerja yang sama. Namun setelah aku ganti di kolom Familie, Kinder und Baby, aku sampai menolak 5 keluarga yang serius memberikan pekerjaan sebagai babysitter, yang pada akhirnya aku memilih 3 saja yang aku rasa anaknya tak terlalu berat untuk diasuh.

Setelah mendapat sms dari beberapa keluarga, aku pun menemui mereka satu per satu untuk berkenalan, dan melihat anak-anak mereka, juga membicarakan gaji per jam, jam kerja per minggu dan sebagainya. Kalau kedua belah pihak cocok, mulai deh kerja. Begitu sih pengalamanku.

Sampai saat ini pun, aku masih kerja di 3 keluarga tersebut dan sangat membantu menambah penghasilan selama kuliah satu semester ini.

Selamat berjuang dan mencoba ya...

Viele Grüße
Location: Hamburg, Germany

7 comments:

  1. ada juga ya, yang mirip dengan toped di jerman , baru tahu mas :)

    ReplyDelete
  2. Waahh... kuliah sambil kerja. Jadi lebih sibuk ya..

    Mau nyari kerja gampang gampang susahya? Buat yang gak ngerti caranya rawan kena penipuan.. ckckk jadi model iklan sabun pun, kalo terpaksa 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahha,,,aduh jangan deh
      iya lebih sibuk banget jadi juga jarang ngeblog walking :(

      Delete
  3. Sebenarnya cari part time d jerman gampang or susah ga mba ?

    ReplyDelete
  4. Eh, dari sekian banyak orang jerman yang fair ada juga ya tukang tipunya. Yang sering jadi sasaran tukang tipu itu biasanya siapa Kak? Orang asing aja atau orang Jerman sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semuanya bisa jadi sasaran,,,namanya juga di dunia maya,,, mereka tak pandang bulu,,,tapi kalau kita udah bilang,,,nein danke,,,mereka biasanya berhenti&ga maksa

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers