Thursday, March 2, 2017

Mengapa saat sakit di Jerman, kita tidak perlu pusing-pusing membersihkan rumah?



Bulan lalu saya sempat ditawari kerja oleh salah seorang teman yang kebetulan rumahnya juga satu blok dari apartemen saya untuk membantunya bersih-bersih rumah.  Dia mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda yang membuat tangan kanannya patah. Tangan kanannya itu harus menjalani terapi perawatan medis selama 6 bulan lamanya hingga benar-benar sembuh dan berfungsi seperti sedia kala.

Saat sakit yang membuat kita tidak bisa melakukan aktifitas rumah tangga, seperti bersih-bersih, setrika, mencuci dan sebagainya, kita tidak perlu ambil pusing. Mengapa? Karena pihak asuransi akan membayar orang yang membantu kita melakukan semua aktifitas tersebut.

Baca penjelasan tentang asuransi kesehatan di Jerman: di sini.

Benarkah asuransi akan membayar orang yang bersih-bersih di rumah saat kita sakit? Tak hanya bersih-bersih, perusahaan asuransi, polis umum maupun privat juga akan membayar orang yang membantu merawat tubuh kita. Misalnya karena kecelakaan, kita jadi nggak bisa mandi, ganti baju, pakai make up sendiri, kita juga dianjurkan menyewa orang yang membantu kita, lalu pihak asuransi yang akan membayar biaya per jamnya. Tak hanya kecelakaan saja, tetanggaku juga pernah sakit bronkitis selama sebulan dan selama itu pula orang datang bersih-bersih di rumahnya.

Berapa biaya yang dikeluarkan pihak asuransi? Tergantung pihak perusahaan, dari informasi yang kuketahui dari temanku tersebut, pihak asuransi akan membayar orang yang datang dengan gaji 9 euro/per jam (UMR Jerman 8,5 euro/jam). Orang tersebut bisa datang setiap hari maksimal 8 jam perhari. Jadi per hari, pihak asuransi membayar maksimal 72 euro hanya untuk satu orang yang membantu bersih-bersih.

Bagaimana caranya? dengan surat rujukan dari dokter yang merawat, kita akan datang atau menghubungi pihak asuransi, setelah terbukti kebenarannya, bahwa kita memang disable untuk melakukan pekerjaan rumah dan merawat diri, pihak asuransi akan bertanya apakah kita mencari sendiri orang yang akan bersih-bersih atau pihak asuransi yang mencarikan?

Kita boleh mencari sendiri dengan syarat, orang yang bersih-bersih itu tidak ada hubungan keluarga, karena nepotisme tidak berlaku di Jerman. Tiap kali datang, aku akan tanda tangan dan menulis berapa jam aku bekerja di hari tersebut. Di akhir bulan, temanku itu akan mengajukan daftar kerjaku itu dan menyerahkannya ke pihak asuransi, lalu pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang sehingga temanku bisa memberikannya (mentransfer) ke rekeningku.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya seputar perawatan kesehatan gigi di Jerman

Viele Grüße

Location: Hamburg, Germany

10 comments:

  1. Ya ampun enaknya. Jadi bener2 sembuh dari sakit ya Mbak. Beda banget sama di sini...Inget dulu aku cidera lutut. Harusnya operasi dan itu butuh 6 bulan gips. Belum terapi2. Jelas aku yang punya krucil bingung. Ntar gabisa ngapa2in. Akhirnya kuputuskan nggak operasi Mbak, demi krucil dan semuanya deh. Biaya jelas membengkak, dan nggak mampu untuk itu Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh,, akhirnya gimana mbak? Dipijitin atau gimana? Iya mbak, enaknya di Jerman kita bisa mengajukan tunjangan saat sakit seperti itu,,,

      Delete
  2. Kalau di sini pakai jasa pembersih rumah ahahhahaha. Mayan kantong sakku jebol :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau mau minta dibayarin juga dibayarin sapa siapa? LOL

      Delete
  3. woww... sampe segitunya ya, pemerintah jerman memikirkan rakyatnya...

    ReplyDelete
  4. artikelnya sangat mengaggumkan tulisannya rapi dan tidak ada kesalahan sama sekali maju terus blognya bos saya sangat senang berkunjung ke blo juragan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kang komar,,,anda juga blogger ketjeh :)

      Delete
  5. Replies
    1. Iya, mending sehat atuh dari pada sakit, meskipun banyak bantuannya

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers