Tuesday, March 28, 2017

Jadi FSJ di Jerman: Butuhkah Uang Jaminan?

Pertanyaan-pertanyaan seputar Au Pair dan FSJ sering muncul, termasuk pertanyaan yang satu ini: Apakah kalau kita jadi FSJ di Jerman, butuh uang jaminan 8000 euro seperti kalau kita kuliah?

Jawabannya: Tidak

Karena sebagai sukarelawan di Jerman, kita juga diberi tunjangan dan berbagai fasilitas. Fasilitas finansial yang akan menunjang kehidupan kita di Jerman antara lain:

- Uang saku

Besarnya uang saku tergantung Träger dan Arbeitgeber serta di kota mana kalian bekerja. Misalnya, satu Träger (Internationaler Bund  atau IB) bisa berbeda dalam memberikan gaji kita. Contohnya di Hamburg, IB memberi kita uang saku 400 euro, tapi di München hanya 375 euro. Di Hamburg, kita harus nyari apartemen sendiri, tapi di München dicarikan oleh pihak IB.

- Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan di Jerman merupakan hal yang mutlak dipunyai bagi siapapun, baik warga Jerman maupun pendatang. Menjadi sukarelawan atau pekerja sosial di Jerman, kita tidak perlu membayar asuransi kesehatan karena sudah ditanggung pemerintah melalui pihak pemberi kerja.

Baca juga seputar Asuransi Kesehatan di Jerman

- Unterkunft (akomodasi atau tempat tinggal)

Ada instansi yang tidak memberikan akomodasi, sehingga kita harus mencari sendiri. Yang jadi masalah, kalau kita nyari sendiri dan bayar sendiri dari uang saku. Untuk itu, kita harus jeli sebelum melamar FSJ di sebuah lembaga.

Di Hamburg misalnya, masih dari träger IB, kalau kita melamar di yayasan penyandang cacat, kita akan dapat tambahan uang 231 euro tiap bulannya untuk menyewa kamar (apartemen). Tapi selain di instansi tersebut, kalau kita melamar di sebuah TK, Museum, Rumah Sakit, kita harus membayar kamar sendiri. Kamar di Hamburg mahalnya minta ampun, uang saku yang diberi oleh pihak IB dan arbeitgeber nggak akan cukup untuk itu. Hal ini nantinya juga akan jadi pertimbangan pemerintah untuk mengabulkan Visa yang kamu ajukan. Kalau kamu hanya dibayar 400 perbulan tanpa uang tambahan, nggak bakal cukup untuk tinggal di Hamburg. Karena harga kamar di Hamburg berkisar antara 250-400 (kamar kecil, WG, bukan satu apartemen, loh!). Sedangkan makan, dan kebutuhan lain-lain juga harus diperhitungkan. Jadi, sebaiknya pilih yang gajinya banyak atau gaji sedikit tapi sudah dapat akomodasi.

Adakah yang menyediakan akomodasi? Oh Pasti ada. Seperti temanku di München, Heidelberg, Köln, pihak Träger atau Arbeitgeber sudah menyediakan akomodasi atau kamar untuk para sukarelawan mereka, sehingga tidak perlu susah susah bayar. Uang saku yang diterima pun sudah bersih dipotong biaya akomodasi biasanya.

- Tiket Kereta

Ada Arbeitgeber yang memberi tiket kereta tahunan (seperti di tempatku dulu bekerja), ada juga yang tidak, sehingga kita harus membelinya sendiri. Tiket kereta terbilang mahal di Jerman. Untuk membeli bulanan, paling tidak kita harus merogoh kocek hingga 60 Euro (tergantung di kota mana kamu tinggal).

Jadi, untuk mendaftar FSJ baik dari Indonesia maupun dari Jerman, kita tidak perlu memberi uang jaminan kepada Deutsche Bank seperti kalau kita melamar Visa Sprachkurse dan kuliah.

Kalau tidak percaya: baca syarat kedubes Jerman yang tidak melampirkan kewajiban uang jaminan tersebut: di sini.

Tahun 2015 silam, aku juga melamar visa FSJ dari Indonesia dan tidak perlu melampirkan uang jaminan beberapa rekan FSJ juga berbagi pengalamannya. Mereka menyebutkan, bahwa kita tidak perlu memberi uang jaminan.

Kalau kalian tertarik ke Jerman dengan menjadi Au Pair, FSJ atau BFD, atau Ausbildung, mari bergabung di Grup Facebook: Au Pair, FSJ, Azubi aus Indonesien. Di sana, banyak member yang mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan seputar itu semua. Begitu juga kalau kalian sudah pernah atau sedang menjadi Au Pair, FSJ, Azubi di Jerman, silakan bergabung agar kita bisa saling membantu dan berkomunikasi nantinya.

Link Grup FB: Au Pair, FSJ, Azubi aus Indonesien

Sekian sharing kita kali ini seputar FSJ dan uang jaminan. Sampai bertemu lagi!

Viele Grüße

Location: Hamburg, Germany

3 comments:

  1. Kak kalau gaji BFD 175 euro itu termasuk kecil sekali atau cukup? Di tempat kerjanya sudah disediakan tempat tinggal, tapi syarat lain harus ada persediaan uang pribadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 175 itu sanagt kecil, Elok,,,takutnya nggak diijinkan sama kedubes Visany

      Delete
    2. oke Kak, terima kasih. siap-siap mencoba lagi di yang lain nih

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers