Friday, March 3, 2017

Daftar Couchsurfing

Sebelumnya, sudah saya jelaskan tentang situs Couchsurfing. Baca ulasannya: Apa itu Couchsurfing?

Masih banyak kenalan dan teman yang kesulitan mendaftar situs ini. Memang terlihat rumit, padahal sebenarnya simpel saja kok. Untuk mendaftar CS, paling tidak kita harus meluangkan waktu seharian demi melengkapi profil kita yang nantinya akan dibaca calon pemberi tumpangan atau calon CS yang akan kalian temui.

Dimulai dari membuka situs: www.couchsurfing.com

Kalau kalian belum punya akun, silakan klik Join



Isikan NAMA, Email, dan password. Kalian juga bisa daftar lewat facebook

cek email dan klik konfirmasi email dulu

nantinya beranda CS akan terlihat penuh dan membingungkan seperti ini. Abaikan semuanya dulu, masuk ke pojok kanan atas untuk melihat profil kamu dan mengeditnya!

Klik Edit Profile untuk mengedit ketersediaan kamu ngehost, atau cuma mau numpang nginap, atau cuma mau bertemu dengan orang baru saja. Lalu klik fill out your profile untuk mengisi data-data pribadi, tentang kamu, serta motivasimu.


Isi semuanya dengan jujur. Kamu bisa juga mengisinya dengan Bahasa Indonesia, kalau mau lebih bagus, pakai Bahasa Inggris

jangan lupa isi juga tentang rumah dan ketersediaanmu memberi tumpangan. Jangan memaksa memberi tumpangan kalau memang tidak punya tempat untuk tamu. Mereka akan tetap mau bertemu kamu meskipun kamu tidak bisa memberi tumpangan. Biasanya para CS akan senang kalau ditawari melihat kota, dengan begitu mereka bisa melihat kota tersebut dari mata para orang lokal.

Di Couchsurfing, tidak hanya melulu travelling dan memberi tumpangan, tapi kita bisa juga membuat grup dan event. Kita juga bisa hadir di acara yang telah terselenggara. Misalnya nih, kalian merasa nggak enak tidur numpang di rumah orang. Akhirnya, kalian nginap di hotel. Tapi kalian merasa kesepian nggak ada teman buat hang out di kota baru tersebut. Join saja grup tertentu:

klik aja di kolom, explore lalu cari nama kota yang kalian kunjungi


1. Jumlah CS yang bisa nge-host kalian. 2. Jumlah turist yang sama-sama berada di sana. 3. Jumlah orang yang bersedia diajak hang out. 4. Acara-acara seru Cs yang bisa kalian kunjungi gratis. Daftar saja dan datang. 5. Event dan group ini adalah acara dan grup yang telah kalian ikuti. 6. Gambar amplop ini adalah kotak surat, dimana kalian bisa mengirim dan menerima pesan kepada anggota CS yang lain.

 Nah, akun CS sudah jadi nih, tapi masih saja bimbang mau ketemu kah, atau mau menunggu orang menemukanmu. Ayo, jangan malas mencari dan mencoba. Siapa tau kita bisa ketemu kawan baru dari kota lain, ntar kalau kita main ke kotanya, bisa numpang nginap, atau bahkan mungkin kawan dari luar negeri? Kalau masih ragu dan malu-malu, ajak saja teman datang ke acara CS di kota kamu, sebelum datang, kamu juga bisa melihat siapa saja nanti yang akan datang ke acara itu, lalu putuskan untuk datang atau nggak. Selama ini, pengalaman CS ku sangat seru dan mengesankan, dari banyak pengalaman, aku juga bisa belajar tentang banyak hal tentang dunia, budaya, kuliner. Kadang dibawain oleh-oleh juga. :D

Selamat mencoba ya....

Location: Hamburg, Germany

1 comment:

  1. Seru tapi belum berani mencoba Mbak. Tapi infonya sungguh bikin aku merem melek nih

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers