Sunday, January 1, 2017

8 Ciri Khas Tradisi Perayaan Tahun Baru di Jerman

Selamat tahun baru 2017 untuk semua. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan lindungan-Nya. Amin

Ngomong-ngomong soal tahun baru, pasti identik dengan kembang api. Di mana-mana terdengar petasan dan kembang-api. Mumpung masih di suasana tahun baru dan aku masih mager buat ngerjain tugas kuliah (loh apa hubungannya :D) mending aku bagi-bagi info tentang 7 ciri khas perayaan tahun baru di Jerman, yang mungkin berbeda dari perayaan di Indonesia dan di negara lainnya. Apa sajakah itu?

1. Ucapan Selamat Tahun Baru yang Unik

Dalam bahasa Inggris atau Indonesia, sebelum malam tahun baru, orang-orang akan mengucapkan: Selamat tahun baru (Happy New Year). Namun ucapan tahun baru Jerman menurutku aneh banget :P. Sebelum malam tahun baru, mereka biasanya mengucapkan:

"Einen guten Rutsch ins neue Jahr" 

Yang arti harfiahnya: Selamat terpeleset dengan indah di pergantian tahun baru. Hhaha. Tentu saja maksud mereka bukan itu, tapi semoga anda mendapat kebahagiaan di pergantian tahun atau selamat pergantian tahun baru atau selamat meluncur mulus ke tahun baru :)


2. Silvesterblei atau Bleigießen

Orang Jerman tidak menyebut malam tahun baru dengan new year's eve atau Neuesjahrsabend, tapi malam Silvester. Mengapa? Demi mengingat malam kematian Paus Saint Sylvester yang meninggal pada tanggal 31 Desember. Saint Silvester adalah Paus yang memimpin Gereja Katolik di Vatican pada tahun 314-335 (Wikipedia). Untuk umat Kristen, perayaan hari Sylvester ini bertepatan dengan malam tahun baru, makanya mereka menyebutnya Silvester's day, tapi untuk Kristen orthodox misalnya, mereka merayakan hari Sylvester pada tanggal 2 Januari.

Tradisi orang Jerman di malam tahun baru salah satunya adalah dengan membuat Bleigießen atau mereka menyebutnya Silvesterblei. Blei adalah metal keras yang aman dan bisa dicairkan dengan api untuk membentuk sebuah benda. Orang Jerman akan membeli beberapa potongan metal ini dan menaruhnya pada sebuah sendok besar yang ditempatkan diatas lilin, kemudian dari panas lilin itu, metal akan mencair, pada saat mencair, metal itu langsung dicemplungkan ke wadah (mangkuk) yang berisi air dingin, sehingga metal akan membeku kembali. Saat membeku, metal tersebut akan membentuk bentuk yang nggak karuan :D.

Bentuk metal itu adalah sebuah ramalan bagi pembuat metal. Misalnya kalau metal membentuk bundar seperti bola, artinya akan mendapat kebahagiaan yang tak berujung, kalau membentuk seperti jangkar akan butuh pertolongan, kalau membentuk hati akan mendapat cinta, dan sebagainya. Gimana? Mau mencoba Silvesterblei?

3. Makanan di Tahun Baru

Orang Jerman percaya bahwa babi adalah pembawa keberuntungan karena tubuhnya yang gendut dan subur. Biasanya mereka akan babi di akhir tahun agar mendapatkan keberuntungan di tahun selanjutnya.
Lalu sup lentil. Kacang lentil juga menu makan siang di akhir tahun karena orang Jerman percaya bahwa setiap biji kacang lentil disimbolkan sebagai koin yang membawa keberuntungan di tahun berikutnya.
sumber gambar lentil suppe: Chefkoch

Di daerah Sachsen, khususnya daerah Dresden dan sekitarnya, ada tradisi menyimpan roti dan garam di bawah penutup meja dapur yang dipercaya akan mencegah kelaparan sepanjang tahun yang akan datang. Kue, khususnya 'Berliner' (sejenis roti atau bakpao goreng yang berisi selai lalu bertaburkan gula bubuk) dan cookies juga tersedia di malam tahun baru, karena manisnya dipercaya akan membawa keberuntungan (livejournal)

Kemudian Raclette dan Fondue. Raclette dan Fondue adalah makanan khas Prancis. Berikut ini adalah contoh gambar Raclette dan Fondue:
Sumber: Amazon

4. Minuman di malam tahun baru

Saat pergantian tahun, orang Jerman biasanya menyiapkan Bowle, yakni minuman buah dengan atau tanpa alkohol. Lalu champaign atau Sekt yang diminum dan bersulang bersama saat pukul dua belas tepat. :)
gambar Sekt,

5. Ketawa dengan nonton 'Dinner For One'

Ini adalah tontonan wajib di malam tahun baru. Film komedi pendek berdurasi 17 menit yang berasal dari Inggris ini wajib ditonton sambil menanti datangnya pergantian tahun. Film ini menceritakan tentang seorang wanita kaya yang ingin merayakan ulang tahunnya yang ke 90 bersama teman-temannya. Karena semua temannya sudah meninggal, pelayan setianya, James, membuat setting meja makan seolah-olah wanita tersebut makan malam bersama keempat sahabatnya. James, sang pelayan yang kocak dan setia berpura-pura menjadi keempat sahabatnya di meja makan. Selain membawa makanan ke meja makan, menuang minuman, dan melayani sang nyonya, James juga turut bersulang dan minum minuman memabukkan mewakili keempat sahabat yang tak ada di sana demi menyenangkan hati sang nyonya. Hingga akhirnya James mabuk sempoyongan dan membuat kelucuan, ngoceh tak karuan. :D

6. Saling Bertanya Tentang Resolusi di Tahun Depan

Mungkin tradisi ini juga ada di Indonesia saat ini, yakni bertanya ke teman atau keluarga tentang apa yang ingin dicapai di tahun depan. Tapi menurutku, orang Jerman tidak begitu kepo menanyakan tentang harapan atau impian yang akan dicapai orang lain di masa depan. Mungkin ini tradisi baru pemuda-pemuda.

7. Membagikan Pembawa Keberuntungan

Jamur kecil pembawa keberuntungan (Glückpilze), kumbang kecil (Marienkäfer), atau daun Klee berhelai empat merupakan simbol keberuntungan buat orang Jerman. Saat menjelang pergantian tahun,  biasanya benda-benda kecil ini akan dibagi-bagikan oleh orang yang dikenal, atau mungkin tak dikenal, dengan tujuan baik yakni memberikan atau membagikan keberuntungan di tahun depan. Jamur, kumbang dan daun ini bukan asli, melainkan kue-kue atau souvenir kecil berbentuk serupa.

8. Menyalakan petasan dan kembang api

"Kalau kamu tak pernah ke Jerman, lalu cuma berada di sana pada malam tahun baru, kamu mungkin akan berpikir di kota-kota ada ledakan bom atau perang dunia lagi" kata orang Amerika di livejournal.
Sumpah, di Indonesia juga ada budaya membunyikan petasan atau kembang api, tapi suaranya itu loh, ektrim setengah mati. Keras banget. Jalan-jalan jadi kotor dan nggak karuan setelahnya. Mungkin orang-orang memanfaatkan momen pergantian tahun untuk mengotori jalan dan membuat kegaduhan seenak udel, karena selain tahun baru, berisik sedikit atau membuang sampah tidak pada tempatnya saja, bisa dilaporkan polisi. :D

Sampai jumpa di topik menarik selanjutnya dan selamat tahun baru 2017


Viele Grüße aus Hamburg

9 comments:

  1. Aku kadang heran sih 20 tahun nonton Dinner For One ko orang2 Jerman masih bisa ketawa ngakak ya, padahal ya cerita sama persis haha.

    Gara2 petasan semalam anakku bangun dan jerit2 ketakutan. Untunglah ribut2 begitu cuma sehari aja sih.

    Btw Selamat Tahun baru ya Indra :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah aku tiga kali nonton juga masih ngakak loh mbak :),,, selamat tahun baru :)

      Delete
  2. Haaaa, kalau ditanya apa resolusi tahun 2017 kok aku bingung ya. Nggak pernah tahu. Pengennya serba kejutan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama,,,aku juga suka bingung,,takut tertekan sama target,,,mending kalo aku let it flow aja gitu... :)

      Delete
  3. Bagus mbak, informatif. Tapi kalo aku boleh saran yang pake bahasa jerman dikasih cara pelafalannya dong. Kan saya puyeng baca bahasa jerman-__-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,,,baru sadar...iya makasih ya sarannya...nanti aku kasih pelafalannya sekalian,,, :)

      Delete
  4. Gilaaaakk, saya baru pertama blogwalking kesini setelah sedih nggak dapat ide nulis di blog..
    Blognya unik semua membahas tentang Jerman.. wow

    By the way, Einen guten Rutsch ins neue Jahr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya...semoga kamu dapat inspirasi setelah banyak blog walking...
      einen guten Rutsch ins neue Jahr :)

      Delete
    2. Halo-halo, kalian ngomong apa yah?

      *roaming*

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers