Saturday, December 31, 2016

Helmut Schmidt: 8 Fakta Tentang Bapak Pembangunan Jerman


Sudah tahukah kalian, kalau baru-baru ini Bandar Udara Hamburg (Hambug Flughafen) diberi nama Helmut Schmidt Airport. Pemberian nama yang dilakukan pemerintah Hamburg pada awal musim semi tahun 2006 ini adalah sebuah bentuk penghargaan kepada orang Hamburg yang dianggap berjasa memberikan kontribusi kepada pembangunan Jerman. Lalu siapakah Helmut Schmidt ini? Mengapa orang Jerman begitu mencintai bapak pembangunan yang satu ini?

Helmut Schmidt adalah seorang Politikus Jerman yang lahir di Hamburg pada 23 Desember 1918 dan meninggal di usianya yang ke 96 pada 10 November 2015. Tahun lalu saat Helmut Schmidt meninggal, banyak sekali rekan kerjaku yang berduka dan selalu membicarakannya hingga berhari-hari. Helmut Schmidt adalah Kanselir atau perdana menteri Jerman pada tahun 1974 hingga 1982. Beliau pensiun dari jabatannya pada tahun 1986, sebelum Jerman barat dan Jerman timur bersatu (tahun 1989). Dari banyak artikel yang aku baca, 8 hal menarik tentang Helmut Schmidt wajib aku tulis demi mengenal orang-orang Jerman dengan lebih baik dan menambah pengetahuan tentang Jerman. Berikut rangkumannya:

1. Karirnya sebagai perdana menteri

Helmut Schmidt adalah perdana menteri ke lima di Bundesrepublik Deutschland atau Jerman Barat (kala itu). Sebelum menjabat sebagai perdana menteri, Schmidt menjabat sebagai senat kepolisian Hamburg. Saat memegang jabatan itu, Schmidt dianggap orang yang paling berjasa menanggulangi bencana krisis, terutama krisis yang disebabkan banjir di semenanjung pantai utara Jerman dan Hamburg.
Dianggap berjasa dan mendapatkan pujian dari banyak negara, pada tahun 1969, Pak Schmidt diangkat sebagai menteri pertahanan. Kemudian 3 tahun setelahnya (1972), sebagai menteri perekonomian, menggantikan Karl Schiller (Sumber: DW).
Saat Willy Brandts mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri pada tahun 1974, sebanyak 267 Bundestagsabgeordnete (mungkin kita menyebutnya MPR) menyetujui Helmut Schmidt sebagai penggantinya.
Di pertengahan tahun 1982, Schmidt terpaksa turun dari jabatannya karena ide yang di anutnya tidak sama dengan partai yang menaunginya, SPD (Sozialdemokratische Partai Deutschlands). SPD menganggap ideologi Schmidt tidak sejalan dengan tujuan partai. Alasan lain, karena protes masal terhadap kebijakannya yang mengijinkan kebijakan NATO, yang akan menanam Rudal Rusia di wilayah Eropa (dan Jerman), sehingga jika Amerika menyerang Rusia dan negara Eropa, Eropa sudah punya persenjataan mengatasinya. Banyak yang setuju dengan ide ini karena ketakutan masyarakat akan perang, banyak juga yang protes.

2. Pencapaian internasional

Bapak yang mengangkat Jerman dari masa-masa terpuruk ini juga mengalami masa-masa terberat dalam menjabat sebagai kanselir. "Pembajakan "Landshut“ merupakan salah satu momen paling berat dalam karir Helmut Schmidt sebagai kanselir. 13 Oktober 1977, Fraksi Pasukan Merah RAF membajak pesawat milik Lufthansa dalam penerbangan dari Mallorca menuju Frankfurt. Aksi pembajakan berakhir pada 18 Oktober di Mogadishu, Somalia, setelah pasukat elit anti teror Jerman GSG-9 diturunkan." (DW)

Di tahun 70 an, dunia dilanda krisis sumber daya minyak bumi, dan juga krisis ekonomi berkepanjangan. Jerman pada saat itu dianggap negara yang paling stabil menghadapi krisis ini. Hal ini tak terlepas dari Schmidt yang mengatur kebijakan perekonomian Jerman dengan sangat baik.

Tiap-tiap perdana menteri punya pencapaiannya sendiri-sendiri. Pencapaian Helmut Schmidt dianggap pencapaian internasional. Sebagai perdana menteri, beliau begitu aktif di hubungan kerja sama internasional, terutama hubungan Eropa dan Amerika Serikat. Dengan Perancis, yang saat itu juga sama-sama belum stabil, Pak Schmidt menjalin kerjasama dan mendukung perkembangan pemerintahan Prancis. Beliau sempat menjadi salah satu pelopor berkembangnya European Monetary Union serta European Central Bank, yang juga akhirnya menjadi pelopor Uni Eropa.

3. Bapak kebijakan politik

Meskipun karirnya sebagai politikus sudah pensiun di tahun 1986, Schmidt masih saja aktif di dunia per-politik-an. Jangan dibayangkan Pak Helmut Schmidt ini sebagai orang yang alim, sabar, kalem, bijaksana. Sebaliknya, bapak yang anak pertamanya meninggal saat bayi ini, adalah figur yang Jerman banget, frontal, keras kepala, dan nggak peduli dengan apa yang dikatakan orang terhadap dirinya. Seperti kata-kata yang aku tulis di foto beliau:
"Saat kamu tidak peduli opini orang lain terhadapmu, kamu akan merasa bebas"

Beliau tegas, keras namun apa yang dikatakannya dan apa yang dijalankannya tidak pernah mencla-mencle. Kalau mau ini ya ini, buktinya dia mau diberhentikan oleh partainya sendiri dari jabatan pemerintahan demi mempertahankan idenya. Oleh karena itu meskipun beliau sudah pensiun, banyak kader-kader politik yang meminta saran atau idenya. Sehingga beliau aktif di belakang panggung politik  sebagai penasehat.

4. Kisah Cinta

Istrinya, Hannelore 'Loki' Schmidt, yang dinikahinya selama 68 tahun itu meninggal di tahun 2010. Bersama Loki, Pak Schmidt dikarunai seorang putra pertama, yang saat lahir terkondisi cacat, tak lama setelah lahir, putranya meninggal dunia. 2 tahun setelah putranya meninggal, pasangan ini dikarunia seorang putri, yang diberi nama Susanne Schmidt.
Tak lama ditinggal pergi sang istri, Pak Schmidt yang kala itu sudah berumur 90, menjalin hubungan dengan seorang wanita yang berumur 70 an.
Di salah satu bukunya yang dijadikan series Majalah Stern, "What I still want to say", Pak Schmidt pernah mengakui bahwa ia pernah berselingkuh di tahun 70 an. Dengan siapa ia berselingkuh, tidak pernah terungkap, namun ia menyatakan bahwa Loki mengetahui hubungan gelap tersebut.

5. Kebiasaannya merokok

Seperti yang aku tulis di artikel panoptikum, satu hal unik dari bapak Schmidt ini adalah kebiasaannya merokok. Tak terhitung berapa ratus foto saat beliau merokok yang diabadikan. Setiap ada pak Schmidt, pasti ada rokok.  Bahkan patung beliau di Panoptikum juga ketika beliau merokok. Begitu besar kontribusi pemerintah menggalakkan kampanye anti rokok di Jerman di canangkan. Namun banyak  pula orang yang bilang, "Haaah, Pak Schmidt yang perokok berat saja bisa hidup sampai 90 tahun". :D. Pak Schmidt meninggal tahun lalu bulan November di usia 96 tahun. Selain rokok, ngopi juga kebiasaan wajibnya.

6. Gelar Doktor yang diperolehnya dari 24 Universitas di dunia

Atas dedikasinya terhadap pembangunan Jerman dan kontribusinya terhadap politik dan perekonomian dunia, 24 Universitas terkemuka dunia, seperti Oxford, Cambridge, Harvad, dsb, memberikan gelas Doktor secara cuma-cuma meskipun Pak Schmidt tidak pernah menemupuh pendidikan di kampus-kampus tersebut.
Pak Schmidt yang selama hidupnya tidak pernah punya kartu nama ini, akan bingun juga menuliskan gelar doktor sebanyak 24 kali di kartu nama sebelum namanya sendiri. :D

7. Raja Kubis Hijau

Saking cintanya dengan olahan  Grünkohl (kubis hijau), Pak Schmidt jadi satu-satunya orang yang pernah duduk di kursi pemerintahan yang dijuluki Grünkohlkönig, atau raja kubis hijau.
via hilfe.net


8. Pemain piano dan penulis

Selain pemikirannya yang luar biasa di dunia politik, bakat Pak Schmidt di bidang lain juga tak kalah istimewa. Sampai beliau meninggal, tercatata sebanyak 37 yang ditulisnya. Selain itu, beliau juga pemain piano musik klasik yang handal.


Demikian sharing kita kali ini tentang salah satu tokoh politik di Jerman. Meskipun aku anti menulis tentang politik, nggak ada salahnya juga menulis satu artikel tentang bapak yang akan dikenang oleh orang Jerman sepanjang masa ini. Kalau ada tambahan, pastinya akan sangat dipersilahkan.

Sampai jumpa di topik berikutnya


Viele Grüße



Location: Hamburg, Germany

8 comments:

  1. Baru tahu aku nih, save ahh.. Ilmu di malam pegantian tahun :)

    Btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  2. Weleh baru tau yang biginian. Tinggal di Jerman ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaha...weleh-weleh...
      Iya ini udah tahun ketiga
      salam

      Delete
    2. Wah asik dong, tiap hari bisa liat dinginnya ekspresi muka-muka orang Jerman? Wkwkwkwk

      Apalagi yang nenek-nenek, sukanya ngomel-ngomel. Suruh berangkat arisan gih, sapa tau menang !

      Delete
    3. Hhhahha,,,, di Belanda orang-orang mukanye juga kayak Keju...lol...

      Delete
  3. Saya kagum dengan Pak Schmidt ini. Beliau berjuang dimasa sulit. Mampu membawa Jerman (Barat) dalam pertumbuhan dan kestabilan ekonomi, serta pertahanan negara. Satu lagi sosok yang saya kagum adalah Helmut Kohl, karena memerintah selama 16 tahun dimasa yang juga tidak sulit. Penyatuan Jerman barat dan timur adalah salah satu yang selalu akan dikenang orang.

    Saya suka Jerman karena alm Bapak saya dulu suka banget baca sejarah perang dunia kedua terutama yang menyangkut jendral Erwin Rommel. Satu lagi yang saya salut adalah mereka taat peraturan, disiplin, dan melakukan dengan sangat serius (kata buku, karena saya belum pernah ke Jerman).

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasi, cerita sharingnya.... :)
      Maksud kamu di 'masa yang tidak mudah' ??

      salam

      Delete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers