Thursday, December 22, 2016

Hamburg Panoptikum: Mengenal Orang Terkenal di Jerman Lewat Panoptikum

Jalan-jalan ala orang Indonesia biasanya seputar tempat-tempat terkenal, bersejarah, dan indah buat foto-foto. Sekali-sekali jalan-jalan yuk ke tempat tempat nyentrik dan unik agar kita mengenal budaya suatu tempat atau negara dengan lebih baik. Kalau kalian maen ke Hamburg dan mengunjungi Rathaus, Planten und Blomen yang memang syarat dengan keindahan arsitektur bangunan serta penataan taman yang menarik, kalian akan melewatkan banyak hal unik dan menarik tentang budaya Hamburg.

Coba deh sekali-sekali do out of the box dengan mengunjungi Sternschanze ke 'Rote Flora' nya, Reperbahn dengan tempat pelacuran (Red Light Distric) dan sejarah Beatle Platznya, Altona dengan 'Fishmarkt'nya, Blankennsese dengan 'pelabuhan serta rumah-rumah elit'nya atau ke Finkenwerder dengan menemui orang-orang berbahasa 'Platdeutsch'nya. Dijamin nggak cuma kaget dan 'nyebut' berkali-kali, hehehe, tapi dengan begitu, pikiran akan lebih terbuka dengan mengenal kebudayaan Jerman yang benar-benar asli, nggak cuma memanjakan mata lalu foto-foto, pamer sosmed.

Kalau maen ke Reeperbahn nih, ada tempat menarik mirip sama musesum Madame Tussauds, namanya Panoptikum Hamburg. Panoptikum Hamburg adalah galeri seni pembuatan patung (Figur) tertua di Jerman. Didirikan di kawasan Repeerbahn pada tahun 1879 oleh Friedrich Hermann Färber. Meski banyak patung-patung yang hancur saat peledakan bom perang dunia kedua, banyak juga patung patung lilin yang dibuat kembali.

ini nih si bapak pembuat patung: Friedrich Hermann Färber

Di Panoptikum ini, patung lilin didominasi oleh figur-figur asli orang Jerman, mulai sejarahwan, artis, pemain bola, sampai politikus. Jadi tak hanya menonton patung lilin itu saja, tapi kita juga bisa tahu informasi orang-orang terkenal di Jerman. Selain orang-orang Jerman, Panoptikum juga menampilkan patung-patung figur orang dari mancanegara yang unik.

Untungnya kita boleh ngambil video dan foto sepuas hati di sana. Sehingga, aku bisa meliput dan membagikannya pada kalian. 

Berikut adalah contoh foto dan video dari beberapa figur-figur tersebut:

video

Di video tersebut bisa kita lihat Paus Benediktus, lalu Julia Roberts, Lena Meyer Landrut dan Thomas Gottschalk.

Thomas Gottschalk adalah presenter paling kondang dan penyiar radio serta aktor di tahun 70an. Kalau Paus dan Julia Robert mah nggak usah dijelasin, ya.

Lena Meyer Landrut adalah pemenang Eurovision Song Contest (Semacam Asia Bagusnya Eropa) di Oslo pada tahun 2010. Lena begitu populer karena dia adalah satu-satunya wakil Jerman yang memenangkan ajang musik tersebut setelah 28 tahun lamanya tidak pernah memenangkan kontes tersebut. Sebelum Lena, Nicole Hohloch memenangkan ajang musik bergengsi tersebut pada tahun 1982, lalu musisi Jerman tidak pernah nongol sebagai pemenang. Karenanya, Lena Landrut begitu populer.


ini Reeperbahn zaman dulu
ini Panoptikum saat belum dihancurkan PDII

Ini Helmut Schmidt


Udah pada kenal bapaknya pembangunannya Jerman belum? Helmut Schmidt dulunya adalah anggota Partai Sosial Demokrat (SPD) dan menjabat sebagai perdana menteri di Jerman Barat sebelum Jerman Timur dan barat bergabung. Beliau menjabat pada tahun 1974-1982. Jerman Barat dan Timur bergabung pada tahun 1989.

Sebelum memulai karirnya sebagai perdana menteri di Jerman Barat saat itu, Pak Schmidt menjabat sebagai Menteri Pertahanan Negara dan Menteri Keuangan pada tahun 1969-1972. Lalu sebagai perdana menteri, beliau begitu aktif di hubungan kerja sama internasional, terutama hubungan Eropa dan Amerika Serikat.

Beliau merupakan perdana menteri yang aktif dan energik. Pada tahun 1986, beliau pensiun dari jabatan politik setelah bentrok dengan sayap kiri partai SPD yang menentang kebijakan perekonomiannya. Meskipun demikian, di tahun tersebut, beliau sempat menjadi salah satu pelopor berkembangnya European Monetary Union serta European Central Bank.

Satu hal unik dari bapak Schmidt ini adalah kebiasaannya merokok. Tak terhitung berapa ratus foto saat beliau merokok. Bahkan patung beliau di Panoptikum juga ketika beliau merokok. Begitu besar kontribusi pemerintah menggalakkan kampanye anti rokok di Jerman di canangkan. Namun banyak  pula orang yang bilang, "Haaah, Pak Schmidt yang perokok berat saja bisa hidup sampai 90 tahun". :D. Pak Schmidt meninggal tahun lalu bulan November di usia 96 tahun.

Bu Angela Merkel bersama Gerhard Schröder
Angela Merkel sudah tak diragukan lagi kepopulerannya. Beliau adalah wanita nomor satu di Jerman saat ini, Merkel juga merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai Kanselir atau perdana menteri Jerman sepanjang sejarah.  Di tahun 2007, beliau menjabat sebagai Presiden Dewan Eropa dan mengetuai G8. Bulan Mei 2015, ia terpilih sebagai wanita paling berkuasa di dunia untuk kesembilan kalinya oleh majalah Forbes. Di Jerman, tak ada yang tak kenal Angela Merkel.



Helena Fischer, Inulnya Jerman
aku bersama Dorce, eh Olivia Jones

Helena Fischer adalah penyanyi paling kontroversional di Jerman. Jenis musik yang paling sering dibawakannya adalah Schlager. Kalau belum tahu apa itu schlager, aku jelasin dikit aja. Schlager itu sejenis musik rakyat (Folk Music), pastinya musiknya orang Jerman. Kalau di Indonesia, musik rakyat kita, ya dangdut. Jadi Helene Fischer ini penyanyi dangdutnya Jerman, bisa dibilang seperti itu. Tak ada yang tak kenal penyanyi ini, seperti tak ada yang tak kenal Inul Daratista. Seperti Inul, Fischer juga banyak penggemar, namun juga banyak hatersnya. Namanya juga artis. Wajar atuh. :D

Selain artis dan tokoh politik yang aku sebutkan di atas, masih ada ratusan figur menarik di Panoptikum Hamburg untuk dikunjungi. Aku pastinya tidak bisa menjelaskan ratusan figur tersebut. Lebih baik kalian berkunjung sendiri.


Informasi tambahan mengenai tiket dan jam buka, bisa kalian klik di sini


Sampai ketemu di topik menarik berikutnya. Jangan lewatkan artikel menarik tentang euro trip 2014 di kota destinasi pertama ku di Berlin: Berlin dan kenangan yang terendap di sana


Viele Grüße
Location: Hamburg, Germany

2 comments:

Join Facebook

Followers

Google+ Followers