Wednesday, December 14, 2016

Alasan Mengapa IPHONE di Jerman Lebih Murah

Beberapa kali, aku sempat dapat pertanyaan di facebook tentang harga hp, mobil dan barang-barang elektronik di Jerman. Beberapa teman bahkan dengan anehnya nitip Iphone untuk dibawa ke Indonesia karena mereka berprasangka harga barang-barang elektronik di Jerman lebih murah ketimbang di Indonesia.

SALAH BESAR!!!!!! BULLSHIT!!!!


Faktanya, harga barang elektronik di Jerman juga sama aja seperti di Indonesia bahkan bisa dibilang lebih mahal. Di Jerman bahkan tidak ada barang selundupan, jadi semua resmi dan harganya, mahal boooo....

Namun, ketika orang Indonesia yang bekerja, kuliah atau tinggal di Jerman akan seketika merasa bahwa barang-barang elektronik tersebut bukannya murah, akan tetapi TERJANGKAU!! harganya sih sama ama di Indonesia. Lalu alasan apa yang membuat barang-barang tersebut nampak murah?

Pendapatan Penduduk

Sekarang begini saja. Contohnya aku seorang pelajar yang tidak bekerja di perusahaan tetap, hanya bekerja sebagai tukang bersih-bersih atau jasa pengantar pos/koran yang dibayar 10 euro per jam. Aku bekerja sehari 8 jam, yang artinya aku dapat 80 euro sehari. Kalau saat liburan, aku bekerja 5 hari dalam satu minggu, yang artinya satu minggu pendapatanku 80x5= 400 euro, kalau satu bulan liburan? Aku bisa dapat 1600, meskipun di potong pajak, namun jika aku bekerja saat liburan saja dan penghasilanku tak lebih dari 8200 euro per tahun, aku bisa claim pajak di akhir tahun dan uang pajakku dikembalikan.
Nah, sekarang kita hubungkan dengan harga barang elektronik. Misalnya iphone, katakanlah aku ingin membeli iphone 6 128giga bekas dengan kisaran harga 600 euro. Berarti, nggak sampai 2 minggu dengan bekerja saat liburan, aku sudah bisa membeli iphone tersebut, bukan?

Contoh di atas hanyalah contoh dari seorang pelajar yang bekerja saat liburan atau paruh waktu sebagai loper koran, atau bersih-bersih rumah orang. Apalagi yang bekerja sebagai karyawann tetap dan kantoran.

Sekarang kita bandingkan dengan orang yang bekerja di bidang yang sama di Indonesia. Seorang tukang bersih bersih digaji perHARI (bukan per jam ya), sekitar 50 ribu, di kota kecil Batu. Seorang cleaning service atau babysitter di Jakarta mendapat gaji UMR sekitar 2-3 juta perbulan. Lalu harga sebuah iphone 6 bekas sekitar 10 juta. Berarti mereka harus bekerja 3-4 bulan tanpa makan tanpa kebutuhan lain-lainnya untuk membeli sebuah iphone. Lalu yang di gaji 50 ribu per hari harus menunggu berapa lama untuk membeli iphone? Tolong hitung sendiri ya,,, :D


Harga barang elektronik memang sudah terjangkau di Indonesia. Namun sedihnya,  BUKAN di semua kalangan!.

Jadi, kalau ada teman yang tanya lagi, mengapa harga barang elektronik lebih murah di Jerman? Jawabannya adalah, bukannya murah, melainkan terjangkau untuk semua kalangan.

Baca juga artikel menarik tentang 5 aturan konyol dan kurang masuk akal di Jerman

Viele Grüße


3 comments:

  1. Negara maju :)

    Kuharap kakak hafal namaku, Zahrah, dan selalu menyebut namaku dalam doa agar bisa ke Jerman. Ntah belajar (ini mau banget T~T), bekerja, atau berkeluarga [?] wkwkkwkw xDDDD

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers