Friday, December 16, 2016

9 Ciri Cowok JERMAN Yang Serius Menjalin Hubungan


Ich möchte dir die Welt zeigen und ich möchte dich der Welt zeigen (I want to show you the world and I want to show you to the world)

Siapa bilang orang Jerman tak bisa ROMANTIS? Mereka memang tak seromantis orang Prancis, namun kalau mereka sudah cinta sama satu orang, mereka akan berusaha sekuat tenaga membahagiakan orang yang mereka cintai dan mereka akan susah berpindah ke lain hati. Orang Jerman memang suka fokus. Kalau ternyata mereka berubah atau selingkuh, mereka biasanya sejak awal sudah tahu bahwa mereka akan tidak cocok dalam sebuah hubungan.

Cowok Indonesia biasanya paling anti jadi jomblo, mereka akan bertahan pacaran dengan satu cewek meskipun mereka tidak cocok secara karakter, akademis, pola pikir dan gaya hidup. Sambil bertahan mereka akan mencari peluang untuk mendapatkan cinta yang lebih sesuai. Kalau sudah dapat, yang lama tinggal. Tapi kalau nggak dapat-dapat ya berdoa agar suatu saat berubah dan cocok. Hhehe.
Cowok Jerman atau cowok dengan budaya barat pada umumnya, kalau mereka sudah merasa tidak cocok, begitu perasaan berubah, langsung dengan lugas dan tegas bilang, cukup sampai di sini. Tanpa selingkuh. Orang Jerman memang suka frontal dan apa adanya, itu yang terkadang bikin bingung dan merana sendiri. :D

Tapi, dibalik semua kekakuan dan ke-frontal-an mereka, cowok Jerman itu nggak pandai menyembunyikan perasaan, loh. Dia suka ngasih sinyal yang jelas kalau dia tertarik padamu, ciri-cirinya baca di: 8 tanda cowok Jerman tertarik padamu!. Kalau dia tertarik dan kamu juga, belum tentu kalian pacaran sebelum ada kesepakatan bahwa hubungan ini adalah hubungan boyfriend and girlfriend. Kalau dia minta kamu jadi pacarnya, ya berarti kalian pacaran. Kalau nggak ya tanya (frontal ala orang Jerman, hubungan ini hubungan apa sebenarnya). Lalu, kalau sudah pacaran, apa tanda orang Jerman itu serius menjalani hubungannya denganmu?

1. Membicarakan tentang masa depan!

Orang Jerman itu hidup dengan penuh planning. Mereka hidup hari ini tapi planning untuk tahun depan sudah terencana dengan baik. Oleh karena itu, orang Jerman yang rela merubah planningnya demi kamu atau memasukkan kamu ke daftar planning liburannya atau kegiatannya di bulan-bulan mendatang sudah dipastikan dia serius denganmu! Tak hanya dibicarakan tapi dilakukan ya :D.
Kalau cowok Jerman lebih suka liburan sendiri dengan teman-temannya ketimbang sama kamu, bisa diragukan tuh keseriusannya.

2. Suka memberi kejutan dan ingat hal-hal kecil

Meskipun tidak romantis, orang Jerman itu pintar membuat senang pasangannya dengan memberi kejutan-kejutan kecil. Orang Jerman yang memang cuek akan sangat cuek kepada orang lain namun akan mengingat hal kecil orang yang disayanginya. Misalnya kamu nggak sengaja bilang kalau kamu suka banget sama kacang, waktu dia masak (cowok Jerman banyak yang pintar masak), dia akan membubuhi kacang dan bilang kalau ini buat penyuka kacang. Kadang cowok Jerman suka keren abis kalau ngasih kejutan kecil untuk orang-orang yang disayanginya.

3. Mengenalkanmu pada TEMAN dekatnya

Orang Jerman tidak mempunyai teman bejibun, bagi mereka beberapa teman yang dekat jauh lebih baik ketimbang banyak teman tapi cuma saling menggunjing dan memanfaatkan. Baca juga tentang bagaimana orang Jerman berteman
Kalau kamu begitu spesial baginya, dia ingin kamu tahu dunianya. Seperti kalimat yang tertulis di awal artikel (aku ingin menunjukkan dunia padamu dan aku ingin menunjukkanmu pada dunia). Teman dekatnya adalah dunianya, jika kamu terlibat atau di kenalkan pada dunianya, itu salah satu tanda bahwa mereka cukup serius denganmu. Tapi kamu harus pandai melihat, apakah perkenalan tersebut hanya untuk have fun dengan teman-teman dan ajang pamer bahwa dia punya pacar dari negara lain atau memang tulus ingin mengenalkanmu pada dunianya.

4. Dia tidak keberatan dikenalkan pada keluarga dan temanmu (duniamu)

Beda dengan cowok Indonesia yang easy going dan memang ramah dari sononya, cowok Jerman lebih hati-hati dalam mengenal cewek. Apalagi cewek yang disukainya. Dia biasanya tidak ingin tahu banyak atau terlibat dengan dunia cewek yang tidak begitu disukainya atau hanya dibuat have fun saja. Dia biasanya menghindari atau terkesan kurang berminat kalau kamu cerita tentang duniamu, teman dekat dan keluargamu. Cowok Jerman yang tidak tertarik dengan duniamu, bisa jadi dia hanya tertarik pada fisikmu tapi tidak hatimu. Sudah jelas sekali mereka tidak serius!

5. Rela BERKORBANdan tidak PELIT

Orang Jerman atau kebanyakan orang Eropa itu amat sangat teliti perihal keuangan. Mereka akan segan mengeluarkan uang meski hanya se euro saja untuk keperluan yang tidak begitu penting. Namun, kalau mereka serius padamu, mereka akan tidak segan-segan mengeluarkan uang demi membantumu, mempercayaimu dan tidak perhitungan sebanyak apapun uang yang diberikannya padamu.

6. Tidak tertutup 

Orang Jerman itu orang yang paling jaga jarak dari orang lain. Mereka menghargai privasi orang lain dan tidak ingin mengganggunya. Keluarga dan teman dekat saja tidak bisa membicarakan tentang gaji misalnya, atau tentang penyakit yang diderita kalau mereka tidak ingin membicarakannya. Meskipun demikian, mereka akan dengan senang hati terbuka dan berbagi cerita, suka duka, kisah cinta, masa lalu dan mimpi-mimpi dengan orang yang terdekat yang dicintainya. Kalau mereka membuka sedikit tabir rahasia itu, tandanya mereka percaya padamu dan ingin serius. Kalau nggak serius, mereka nggak bakal mempercayakan cerita atau rahasia kepadamu.

7. Mengalah demi mimpimu

Seperti yang aku tulis sebelumnya, orang Jerman itu saklek, kaku dan kadang egois. Kalau mimpi dan tujuan hidupmu tidak sama dengan mereka, mereka tak akan segan memutus hubungan demi kebaikan kalian berdua, contohnya dia tidak ingin menikah di waktu dekat atau tidak ingin punya anak sampai umur 35, tapi kalian ingin. Kalau kalian ngeyel dan maksa dan mereka merasa tertekan, mereka tak akan segan memutus hubungan. Karena orang Jerman itu sifatnya bebas, tidak suka berada di bawah tekanan, sekalipun tekanan dari seorang istri ahha. Namun, kalau mereka mengalah demi mimpimu. Wow, tidak diragukan lagi, dia pasti serius menjalani hubungannya denganmu.

8.Mengenalkanmu pada KELUARGA

Keluarga berarti paling penting bagi orang Jerman. Kalau si dia mengenalkanmu pada keluarganya, tak diragukan lagi, dia pasti serius denganmu. Pasalnya, kalau sudah di tahap keluarga, mereka tak ingin malu nantinya di hadapan keluarganya jika hanya main-main saja dengan seorang cewek.

9. Ada obrolan ke arah 'lebih serius'

Yang terakhir ini mutlak. Kalau dalam sebuah hubungan, kita nggak pernah membahas tentang kelanjutan atau keseriusan hubungan tersebut, artinya hubungan itu hanyalah main-main belaka. Begitu pun orang Jerman, kalau mereka menghindari membicarakan hubungan yang serius, bisa jadi mereka memang tidak serius atau belum mau serius atau memang mau serius tapi bukan sama kamu!


Demikian sharing kita kali ini tentang cowok Jerman yang serius dalam menjalin sebuah hubungan. Aku harap perspektif subjektif dari pengamatanku sendiri ini berguna bagi kalian yang ingin menjalin hubungan dengan orang Jerman agar tidak salah persepsi dan sakit hati sendiri nantinya.
Jangan lewatkan artikel menarik lainnya seputar mental orang Jerman vs orang Indo yang saklek dan cerdik.

Sampai jumpa
Viele Grüße




Location: Hamburg, Germany

14 comments:

  1. Replies
    1. anda benar!!! hahha....paling anti sama cewek eh cowok pelit.... :D

      Delete
  2. Hahahaha.
    Cowok Indonesia juga serius-serius loh mbak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,,, kalau itu sudah tak diragukan lagi kebenarannnya...

      Delete
  3. mungkin ciri-ciri cowk jerman yang serius itu berlaku juga buat para cowok di dunia ini, toh kalau memang serius sudah pasti akan memperkenalkan kita kepada keluarganya maupun teman dekatnya.. hehe

    ReplyDelete
  4. Kalo serius kayaknya semua cowok serius untuk mendapatkan cewek impiannya. Begitupun mengenalkan ke teman, paling hebat deh orang Indonesia yang rata-rata hanya buat pamer saja. Keseriusan hubungan berlanjut ke pernikahan itu yang agak sulit.

    Amannya memang harus ada progress mau dibawa kemana hubungan itu. Kalo persepsi saya jika dalam satu tahun hubungannya masih ngambang gak tau juntrungannya, itu artinya cowok gak serius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar, kadang di Indo dibuat pamer eh aku nggak jomblo lagi, aku laku loh, dsb :)... tapi seperti itu juga pasti ada juga di Jerman meskipun orang Jerman nggak suka mengolok-olok orang jomblo :)

      Delete
  5. Oh jadi Kalo sudah sampe tahap dikenalkan keluarga sudah bisa agak senang dikit ya? Udah tanda serius gitu

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kebetulan suami saya orang Jerman. Dia sempat mengajukan protes tentang passion saya dalam dunia literasi. Jangan jadi penulis atau kamu bisa jadi gila, itu sekiranya bentuk kekhawatiran dia. Dia hampir selalu memegang kendali rumah tangga, membuat saya berpikir apakah saya cukup bisa diandalkan, walaupun dia ga pernah mengeluh soal itu. Dia memasak untuk saya, memilihkam pakaian yg akan saya kenakan, destinasi tempat wisata yg akan kami kunjungi, sampai film yg akan kami tonton saat weekend. Dia sering memberi kejutan-kejutan kecil, tapi kebanyakan bukan barang-barang yg saya inginkan hehe. Apakah dia mencintai saya dengan caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, suami kamu mencintaimu...setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mencintai pasangannya. Ada yang sangat lembut, sangat protektif, saling meledek seperti teman, kalau dekat bertengkar, kalau jauh kangen, saling romantis dsb. Mungkin suami kamu takut terhadap imajinasi yang kamu tuangkan dalam tulisan-tulisan kamu,,,sehingga dia ingin memproteksi kamu,,bukan berarti dia nggak cinta, tapi justru sebaliknya :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Join Facebook

Followers

Google+ Followers